Penentuan Batas Desa melalui Pendekatan Partisipasi Masyarakat di Dusun Senamat Ulu Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Muaro Bungo Privinsi Jambi

Latanza, Muhammad Arfan (2019) Penentuan Batas Desa melalui Pendekatan Partisipasi Masyarakat di Dusun Senamat Ulu Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Muaro Bungo Privinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MUHAMMAD_ARFAN_LATANZA_1205779_5600_2019.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Proses dan tahapan penentuan batas desa melalui pendekatan partisipasi masyarakat di Dusun Senamat Ulu, Kecamatan Bathin III Ulu. (2) Pembuatan Peta Administrasi Dusun Senamat Ulu, Kecamatan Bathin III Ulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Rural Appraisal dengan teknik pemetaan partisipatif ( participatory mapping ) dan Focus Discussions Group untuk menggali informasi mengenai batas Dusun Senamat Ulu serta melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung dalam tahapan dan proses penentuan batas Dusun Senamat Ulu. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu : (1) proses dan tahapan penentuan batas desa melalui pendekatan partisipasi masyarakat di Dusun Senamat Ulu terbagi menjadi 3 proses dan tahapan yaitu a. tahap penentuan batas dusun, b. tahap penelusuran dan survey pengambilan data batas dusun, dan c. tahap pengolahan data survey batas dusun. (2) Dari 3 tahapan penentuan batas desa melalui pendekatan partisipasi masyarakat didapatkan hasil berupa Peta Administrasi Dusun Senamat Ulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:53
Last Modified: 10 Mar 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25843

Actions (login required)

View Item View Item