Pemanfaatan Media Sosial sebagai Pendukung Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam

Oktavia, Jeli (2019) Pemanfaatan Media Sosial sebagai Pendukung Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JELI_OKTAVIA_15045072_5321_2019.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media sosial sebagai pendukung pembelajaran geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial oleh siswa sebagai pendukung pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Lubuk Basung, yang berjumlah 150 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) 100% siswa mengetahui keberadaan media sosial. 67% siswa rata-rata menggunakan media sosial 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi waktu 30-60 menit. (2) Media sosial yang paling sering digunakan siswa untuk mendukung pembelajaran geografi adalah youtube, google dan email. (3) 81,83% siswa menggunakan media sosial untuk mendukung pembelajaran geografi dalam bentuk diskusi, mengirim tugas, kuis dan konsultasi dengan guru. (4) 3 9% siswa menggunakan media sosial karena keterbatasan pengetahuan dalam mengerjakan tugas serta keterbatasan waktu dan j arak dalam belajar. 69% siswa merasa ketagihan menggunakan media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:53
Last Modified: 10 Mar 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25839

Actions (login required)

View Item View Item