Pengaruh Model Problem Based Leming (PBL) Berbantuan Media AnimasiTerhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Materi Termodinamika dan Gelombang Mekanik Di Kelas XI MAN 2 Padang.

Al Furqan, Bizar (2019) Pengaruh Model Problem Based Leming (PBL) Berbantuan Media AnimasiTerhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Materi Termodinamika dan Gelombang Mekanik Di Kelas XI MAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_BIZAR _AL FURQAN_1305785_5131_2019.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA di MAN 2 Padang temyata belum memenuhi harapan terlihat pada nilai siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan.Penyebab belum optimalnya pencapaian hasil belajar disebabkan beberapa faktor diantaranya model pembelajaran yang digunakan belum bedasarkan masalah, peserta didik tidak dilatih dalam memecahkan masalah sehingga hasil belajar dari peserta didik tergolong rendah. Oleh karena itu, penggunaan model Problem Based Learning dapat menunjang hasil belajar dari peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruhModel Problem Based Leming (PBL) Berbantuan Media AnimasiTerhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Materi Termodinamika dan Gelombang Mekanik Di Kelas XI MAN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancanganrandomized control-group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA MAN 2 Padang yang terdaftar pada semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data pada penelitian dibatas pada dua ranah yaitu kognitif dan psikomotor. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda dan untuk ranah psikomotor menggunakan instrumen unjuk kerja dengan menggunakan rubrik penskoran.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen untuk hasil belajar pada ranah pengetahuan dan keterampilan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penggunaan Model PBL berbantuan media animasimemberikan perbedaan yang cukup berarti dalam hasil belajar pada ranah pengetahuan dan keterampilan. Hasil hipotesis pada ranah pengetahuan dengan menggunakan uji statistik t menunjukkan nilai thitung= 2,4092 berada di luar daerah penerimaan Ho dengan 1tabel = 2,0003 sehingga Hi diterima. Hasil belajar pada ranah keterampilan juga menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,174 dengan nilai ttabeJ = 2,0003 dapat dilihat bahwa hasil hipotesis berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga Hi diterima, yaitu terdapat pengaruh yang berarti penggunaan Model Problem Based Leming (PBL) Berbantuan Media Animasi terhadap hasil belajar fisika. Keyword :Model Problem Based Learning, Media Animasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:53
Last Modified: 10 Mar 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25835

Actions (login required)

View Item View Item