Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Aplikasi Adobe Flash Bahasa Java Pada Mata Pelajaran Object Oriented Programming (OOP)

Jasman, Muhammad Ikram (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Aplikasi Adobe Flash Bahasa Java Pada Mata Pelajaran Object Oriented Programming (OOP). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MUHAMMAD_IKRAM_JASMAN_15138104_5713_2019.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran mata pelajaran OOP pada kelas XI rekayasa perangkat lunak SMK Negeri 1 Lahat, menunjukkan bahwa, proses pembelajaran masih belum efektif. Hal ini disebabkan keterbatasan sumber dan waktu dalam belajar serta modul yang digunakan dalam proses pembelajaran masih memiliki kekurangan khususnya untuk mengenal OOP. Berdasarkan fenomena tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Tahap penelitian meliputi define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebaran). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengukur validitas dan praktikalitas. Sedangkan untuk mengukur efektifitas menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Modul pembelajaran interaktif ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran interaktif dinyatakan valid dengan nilai kevalidan 0,89 berdasarkan validasi dari tiga orang validator media dan dari segi kevalidan materi dinyatakan valid dengan nilai 0,88 dari dua orang guru yang mengajar OOP. Modul pembelajaran interaktif dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon guru dan siswa. Hal ini menunjukan bahwa, modul pembelajaran interaktif dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian dapat direkomendasikan bahwa modul pembelajaran interaktif merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat di gunakan pada pembelajaran pada mata pelajaran Object Oriented Programming (OOP).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:52
Last Modified: 10 Mar 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25828

Actions (login required)

View Item View Item