Pengembangan Sistem Ujian Online Menggunakan Wondershare Quizcreator Berbasis Web Pada Mata Pelajaran TIK

Yanti, Fitri (2019) Pengembangan Sistem Ujian Online Menggunakan Wondershare Quizcreator Berbasis Web Pada Mata Pelajaran TIK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FITRI_YANTI_15138061_5824_2019.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem ujian online di SMA Negeri 3 Padang. SMA Negeri 3 Padang sudah melakukan UNBK dan untuk itu sekolah selalu melakukan inovasi untuk memberikan yang terbaik untuk siswanya. Dengan melakukan latihan dan ujian untuk membiasakan siswa dalam menghadapi ujian UNBK. Guru membutuhkan solusi bagaimana ujian manual ini bisa dipakai untuk komputerisasi agar bisa mengurangi pemakaian media kertas yang banyak. Untuk itu solusi yang diberikan yaitu dengan diadakannya ujian online berbasis web menggunakan wondershare quizcreator. Ujian online ini digunakan karena fasilitas yang memadai seperti laboratorium komputer yang lengkap dan dilengkapi dengan wifi. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD (research and development) dengan menggunakan model pengembangan IDI (define, develop and evaluate). Perubahan ujian manual ke ujian online menciptakan kinerja yang efektif dan efisien serta mampu meningkatkan kinerja guru dalam membuat soal dan juga penilaian secara cepat, tepat, dan praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas dari sistem ujian online agar dapat diterapkan di sekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan maka ditemukan dari hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas menyatakan bahwa sistem ujian online berbasis web ini valid, praktis, dan efektif. Untuk itu sistem ujian online berbasis web menggunakan wondershare quizcreator ini bisa dimanfaatkan dan diujicobakan di kelas XI khususnya pada kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Padang. Proses penggunaan sistem ujian online bagi guru adalah dapat membantu dan memberi solusi diadakannya ujian online dan bagi siswa adalah dapat memotivasi agar lebih giat belajar sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari aspek pembelajaran. Dengan menggunakan analisis PIECES maka dapat dibedakan penggunaan ujian manual dengan penggunaan ujian online

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:52
Last Modified: 10 Mar 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25819

Actions (login required)

View Item View Item