Pengaruh Konsorsium Bakteri Rizosfer terhadap Pertumbuhan Blood Disease Bacteria (BDB) Penyebab Penyakit Darah Tanaman Pisang (Musa paradisiaca L.)

Wijaya, Veronica (2019) Pengaruh Konsorsium Bakteri Rizosfer terhadap Pertumbuhan Blood Disease Bacteria (BDB) Penyebab Penyakit Darah Tanaman Pisang (Musa paradisiaca L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_VERONICA_WIJAYA_15032010_3173_2019.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Pisang (Musa sp.) merupakan komoditas penting dpi Indonesia yang dapat mendukung ketahanan pangan, menyediakan kalori, bahkan dapat mendatangkan devisa negara. Produksi pisang di Sumatera Barat mulai menurun dari tahun ke tahun, hal ini dapat disebabkan oleh Blood Disease Bacteria (BDB). Pemanfaatan isolat tunggal dari agens hayati pseudomonad fluoresen dapat mengendalikan BDB. Namun, penggunaan konsorsium mikroba cenderung memberikan basil yang lebih baik dibandingkan penggunaan isolat tunggal, karena campuran populasi mikroba agens hayati membentuk sinergisme untuk memaksimalkan potensi diantara sesama agens hayati. Konsorsium bakteri dapat di isolasi di daerah rizosfer tanaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsorsium bakteri terhadap pertumbuhan BDB dan mendapatkan konsorium bakteri terbaik dalam menghambat pertumbuhan BDB. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data deskriptif ditampilkan dalam bentuk gambar, dan data eksperimen berupa diameter zona hambat. Data dianalisis menggunakan uji Analisis of Varians (ANOVA) dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian memperlihatkan semua konsorsium bakteri rizosfer dapat menghambat pertumbuhan BDB. Diantara konsorium bakteri rizosfer RMM, RD, RS, RC, RH, RR 3 menunjukkan beda nyata dalam membentuk zona hambat, yakni konsorium bakteri RC, RH dan RR. Kata Kunci Konsorsium, Konsorsium Bakteri Rizosfer, Blood Disease Bacteria, Penyakit Darah Tanaman Pisang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine
R Medicine and Food > Medicine General > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:52
Last Modified: 10 Mar 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25818

Actions (login required)

View Item View Item