Pengaruh Kepemimpinan dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi.

Pani, Ory Adisky (2019) Pengaruh Kepemimpinan dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ORY_ADISKY_PANI_17147020_6101_2019.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah kepemimpinan dan supervisi akademik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi, (2) pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi, (3) pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan melalui supervisi akademik kepala sekolah secara tidak langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 280 orang guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Sampel diambil dengan menggunakan Stratified Proporsional Random Sampling dengan menggunakan rumus Cochran. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 165 orang dengan penarikan sampel sebanyak 58%. Alat pengumpulan data adalah angket dengan model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan program SPSS (Statistic Package and Social Science) 20.0 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi sebesar 78,85%; (2) supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi sebesar 61,77%; (3) Kepemimpinan melalui supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi sebesar 85%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris. Hal ini berarti,kepemimpinan dan supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memperhatikan kepemimpinan dan supervisi akademik kepala sekolah agar kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:52
Last Modified: 10 Mar 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25814

Actions (login required)

View Item View Item