Fungsi Sosial Kelompok Buruh Tani bagi Masyarakat Desa (Studi Kasus: Toho di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung)

Sari, Lasmita (2019) Fungsi Sosial Kelompok Buruh Tani bagi Masyarakat Desa (Studi Kasus: Toho di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_LASMITA_SARI_15058056_5900_2019.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi sosial tobo di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Latar belakang penelitian ini karena menurut beberapa anggota, tobo tidak hanya memberikan fungsi ekonomi yaitu sebagai penambah pendapatan, namun ada fungsi lain salah satunya ialah fungsi sosial. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori dari Robert K. Merton yaitu teori Struktural Fungsional yang lebih menekankan pada fungsi latent dan fungsi manifest. fungsi latent dan fungsi manifest memiliki arti yang berbeda. fungsi manifest adalah konsekuensi objektif yang membantu penyesuaian atau adaptasi dari sistem dan disadari oleh para partisipan dalam system. Fungsi yang diakui keberadaannya melalui sistem baik berupa organisasi, lembaga atau suatu perkumpulan yang akan menjadi acuan bagi individu untuk bertindak dan berprilaku dalam suatu sistem. Dengan demikian fungsi manifest ialah suatu fungsi yang dihendaki, diakui, dan disadari keberadaannya dalam suatu organisasi, lembaga ataupun perkumpulan. Selanjutnya fungsi laten yaitu fungsi yang tidak dimaksud atau yang tidak disadari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus intsrumental. Pemilihan informan dalam penelitian ini ialah purposive sampling yang artinya peneliti memiliki kriteria tertentu dalam menentukan informan.jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian peneliti menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tobo tidak haya sebagai penambah pendapatan bagi anggotanya namun ada fungsi lain yaitu fungsi sosial. fungsi sosial tobo di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung yaitu: (1) Wadah interaksi antar warga desa, (2) Memberikan bantuan bagi anggota yang mengalami kesulitan, (3) Membentuk nilai solidaritas antar petani ..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:51
Last Modified: 10 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25811

Actions (login required)

View Item View Item