Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester 1 Terkait Komponen Contextual Teaching and Learning (CTL).

Zulfadli, Doni (2019) Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester 1 Terkait Komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DONI_ZULFADLI_15033056_3569_2019.pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

Salah satu pendekatan yang cocok dengan pembelajaran Fisika adalah pendekatan kontekstual (CTL). Pembelajaran kontekstual membantu peserta didik memahami materi yang dipelajari dengan mengkaitkan dengan kehidupan sehari­ hari. Untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang sesuai dengan tuntutan yang ada maka buku ajar yang digunakan harus mampu memfasilitasi terlaksananya pendekatan kontekstual. Saat ini sudah banyak buku ajar yang beredar dengan bermacam penerbit. Untuk itu perlu dicari tahu apakah buku ajar yang beredar tersebut sudah mampu memfasilitasi terlaksananya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. Solusi dari masalah ini adalah melakukan analisis sejauh mana buku ajar memfasilitasi terlaksananya pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Populasi pada penelitian ini adalah seluruh buku ajar Fisika SMA kelas X yang beredar di Sumatera Barat. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling yang jenisnya Sampling Purposive. Sampel pada penelitian ini adalah empat buku ajar terbanyak yang digunakan di SMA Sumatera Barat berdasarkan hasil survey. Sampel dalam penelitian ini yaitu : 1) Buku yang ditulis Marthen Kanginan yang diterbitkan Erlangga pada tahun 2016; 2) Buku yang ditulis Muhammad Farchani Rosyid, dkk yang diterbitkan Tiga Serangkai pada tahun 2016; 3) Buku yang dutulis Aris Prasetyo, dkk yang diterbitkan oleh Mediatama tahun 2016, dan 4) Buku yang ditulis oleh Sunardi,dkk. Yang diterbitkan oleh Yrama Widya tahun 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa instrument ceklis yang berisi 7 komponen CTL. Instrumen kemudian dijabarkan menjadi 39 indikator. Setiap indikator memuat satu butir istrumen. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Dari hasil penelitian didapatkan buku terbaik dalam memfasilitasi terlaksananya pendekatan CTL adalah buku Mediatama dengan persentase keterpenuhan indikator CTL sebesar 68,94%, selanjutnya yaitu buku Yrama Widya dengan persentase 67,36%, selanjutnya buku Erlangga dengan persentase 65,74%. Buku dengan persentase keterpenuhan indikator terendah yaitu buku Tiga Serangkai dengan persentase 62,07%. Berdasarkan hasil analisis buku ajar yang banyak digunakan sudah mampu memfasilitasi terlaksananya pendekatan CTL dalam pembelajaran dengan kategori "memfasilitasi". Buku ajar cocok digunakan dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci : Buku Ajar, Fisika, Pendekatan Kontekstual,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:54
Last Modified: 09 Mar 2020 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25799

Actions (login required)

View Item View Item