Pengembangan E-Modul Project Based Learning Berbasis Mobile Mata Kuliah Manajemen Proyek pada Pendidikan Vokasi

Sarwandi, Sarwandi (2019) Pengembangan E-Modul Project Based Learning Berbasis Mobile Mata Kuliah Manajemen Proyek pada Pendidikan Vokasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SARWANDI_17138085_6121_2019.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar, salah satunya bahan ajar. Bahan ajar harus bersifat self instructional, self contained, stand alone, adaptive, dan user friendly. Namun bahan ajar saat ini belum memadai untuk digunakan, maka perlu untuk dikembangkan agar proses pembelajaran lebih praktis dan efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan e-modul project based learning berbasis mobile pada mata kuliah Manajemen Proyek. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas e-modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D) dengan model 4-D (Four-D) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: Define, Design, Develop, Dessiminate. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan memberikan angket kuesioner kepada para Ahli, Dosen, dan Mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan e-modul project based learning. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah telah menghasilkan e-modul project based learning berbasis mobile pada mata kuliah Manajemen Proyek. Validitas e-modul project based learning dinyatakan valid berdasarkan validitas materi dengan nilai 0,83 (>0,66) dan validitas media dengan nilai 0,87 (>0,66). Praktikalitas e-modul project based learning berdasarkan respon 4 Dosen dinyatakan Sangat Praktis dengan nilai rata-rata 89, dan berdasakan respon 45 Mahasiswa dinyatakan Sangat Praktis dengan nilai rata-rata 86. Efektivitas e-modul project based learning dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan nilai Gain Score 0,44 (Sedang). Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul project based learning berbasis mobie ini valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:25
Last Modified: 09 Mar 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25796

Actions (login required)

View Item View Item