Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Smp Negeri 2 2x11 Kayutanam Tahun Pelajaran 2018/2019

Wahyuni, Lusy Yulia (2019) Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Smp Negeri 2 2x11 Kayutanam Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_LUSY_YULIA_WAHYUNI_15086033_715_2019.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sarana prasarana di Sekolah kurang berjalan dengan baik karena kurangnya kepedulian dan pengetahuan mengenai pengelolaan sarana prasarana yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah pembelajaran kurikulum 2013, kualitas dan kuantitas serta pengelolaan sarana prasarana PJOK di SMP Negeri 2 2x11 Kayutanam yang meliputi: 1) Kualitas dan kuantitas sarana prasarana; 2) Perencanaan kebutuhan sarana prasarana; 3) Pengadaan sarana prasarana; 4) Penggunaan sarana prasarana; 5) Pemeliharaan sarana prasarana; 6) Penghapusan sarana prasarana; 7) Hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan sarana prasarana; dan 8) Solusi terhadap hambatan pengelolaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan informan penelitian adalah kepala sekolah, pengelola sarana prasarana, guru PJOK serta dua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data yang dianalisis dimulai pada tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sekolah sedang menyesuaikan diri dengan kurikulum 2013 sehingga pelaksanaan kurikulum 2013 perlu diadakan evaluasi; 2) Kualitas dan kuantitas sarana prasarana kurang baik; 2) Perencanaan sarana prasarana kurang berjalan dengan baik; 3) Pengadaan sarana prasarana dilakukan dengan pembelian; 4) Penggunaan sarana prasarana kurang berjalan sesuai fungsinya; 5) Pemeliharaan sarana prasarana kurang diperhatikan; 6) Penghapusan sarana prasarana yang telah rusak untuk beberapa tahun belakangan ini tidak dilakukan; 7) Hambatan yang ditemui yaitu kurangnya tenaga administrasi, dana, dan pengetahuan tentang pengelolaan sarana dan prasarana; 8) Solusinya yaitu mengadakan koordinasi dengan komite sekolah mengenai anggaran dana, mengoptimalkan tenaga yang ada dengan mengikutsertakan dalam pendidikan dan pelatihan mengenai pengelolaan sarana prasarana. Kata kunci: pengelolaan, sarana prasarana, kualitas dan kuantitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:25
Last Modified: 09 Mar 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25795

Actions (login required)

View Item View Item