Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Modification dengan Setting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa di SMA N egeri 8 Padang.

Anita, Lastri (2019) Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Modification dengan Setting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa di SMA N egeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_LASTRI_ANITA_15006094_5893_2019.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Perilaku menyontek merupakan perilaku curang,tidak jujur dan tidak mematuhi aturan yang dilakukan individu tanpa memikirkan dampak kepada dirinya dengan cara memberikan jawaban kepada teman,melihat jawaban teman, melempar-lempar kertas dan memberikan kode jawaban kepada teman. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perilaku menyontek siswa di SMA Negeri 8 Padang, (2) mendeskripsikan pendekatan cognitive behaviour modification (CBM) untuk mengurangi perilaku menyontek siswa,(3) menguji efektivitas pendekatan CBM efektif mengurangi perilasku menyontek siswa. Penelitian mt menggunakan rancangan eksperimen model pre - eksperiemen, menggunakan desain The One Grup Pretest Posttest Designt. Subjek dalam penelitin ini adalah 10 orang siswa SMA Negeri 8 Padang kelas XI IPS 1.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data wilcoxon signed range test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CBM efektif dalam mengurangi perilaku menyontek siswa dengan hasil pretest 7 6,4% dengan kategori tinggi dan posttest 40,4 % dengan kategori rendah. Penelitian ini memberikan makna bahwa pendekatan Cognitive Behaviour Modification mampu mengurangi perilaku menyontek siswa, untuk itu guru Bimbingan dan Konseling perlu menerapkan pendekatan ini dalam melaksanakan layanan konseling kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:22
Last Modified: 24 Jul 2021 09:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25787

Actions (login required)

View Item View Item