Pengaruh Laju Perkebunan Kelapa Sawit terhadap Produksi Bahan Pangan (Padi Sawah dan Padi Ladang) Masyarakat di Kecamatan Ranah Batahan Tahun 2005-2017

Dora, Asti (2019) Pengaruh Laju Perkebunan Kelapa Sawit terhadap Produksi Bahan Pangan (Padi Sawah dan Padi Ladang) Masyarakat di Kecamatan Ranah Batahan Tahun 2005-2017. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ASTI_DORA_14136015_5510_2019.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh laju perkebunan kelapa sawit terhadap produksi bahan pangan (padi sawah dan padi ladang) masyarakat di Kecamatan Ranah Batahan tahun 2005-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju perkembangan lahan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Ranah Batahan, perkembangan lahan bahan pangan (padi sawah dan padi ladang) terhadap kecukupan produksi pangan (padi sawah dan padi ladang) di Kecamatan Ranah Batahan. Jenis penelitian adalah Deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dimana informasi di dapat dari kepala, pegawai, penanggung jawab, ketua kelompok tani dan anggota kelompok tani UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Ranah Batahan. penelitian dilakukan pada Kecamatan Ranah Batahan. Adapun responden penelitian sebanyak 100 j iwa di Kecamatan Ranah Batahan. Penelitian ini menemukan bahwa alih fungsi lahan perkebunan kelapa sawit berkembang pesat setiap tahunnya sementara untuk luas lahan dan produksi bahan pangan pada padi sawah berkembang setiap tahun walau tidak sepesat perkebunan kelapa sawit, sedangkan untuk padi ladang terjadi penyusutan baik luas lahan maupun produksinya dari tahun ke tahun. Sementara untuk kecukupan produksi bahan pangan di Kecamatan Ranah Batahan tidak sebanding dengan kebutuhan masyarat. Lebih dari setengah kebutuhan pangan yaitu beras yang harus di cukupi oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari segi ketersedian atau ketahanan pangan masyarakat yang cenderung tidak tahan pangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:02
Last Modified: 09 Mar 2020 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25785

Actions (login required)

View Item View Item