Panduan Pelaksanaan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa dalam Pencegahan Kecenderungan Pornografi

Solin, Ridwan (2019) Panduan Pelaksanaan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa dalam Pencegahan Kecenderungan Pornografi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIDWAN_SOLIN_16151039_6060_2019.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini siswa dihadapkan pada akses informasi melalui internet yang mengakibatkan dampak buruk terhadap perilaku kecenderungan pornografi. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru BK/Konselor untuk meningkatkan regulasi emosi siswa, salah satunya adalah dengan media yang menarik seperti panduan pelaksanaan layanan informasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk meningkatkan regulasi emosi siswa dalam pencegahan kecenderungan pornografi melalui layanan informasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian menggunakan model pengembangan 4-D. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah jenis data validitas kelayakan dan keterpakaian sesuai dengan kebutuhan siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket skala likert dan diskusi kelompok. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Padang. Sampel penelitian merupakan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengaruh pemberian panduan pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan regulasi emosi siswa dalam pencegahan kecenderungan pornografi efektif untuk meningkatkan regulasi emosi siswa dalam pencegahan kecenderungan pornografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:01
Last Modified: 09 Mar 2020 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25777

Actions (login required)

View Item View Item