Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelaj aran Simdig Kelas X Kuliner di SMK Negeri 9 Padang

Nofela, Lesis (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelaj aran Simdig Kelas X Kuliner di SMK Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LESIS_NOFELA_15004026_5103_2019.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada mata pelajaran Simulasi Digital (Simdig) kelas X Kuliner di SMK Negeri 9 Padang yaitu guru hanya menerapkan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung melibatkan banyak komunikasi satu arah sehingga siswa cenderung pasif dan kurang mandiri terhadap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Edmodo terhadap Basil Beajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simdig Kelas X Kuliner SMK Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Kuliner SMK Negeri 9 Padang yang terdaftar pada Tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purpose Sampling, kelas XKl menggunakan model Discovery Learning berbantuan Edmodo sebagai kelompok eksperimen dan kelas XK5 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan format checklist berbentuk lembar pengamatan penilaian unjuk kerja siswa. Data yang terkumpul diolah dengan (t-test) untuk menguji perbedaan, tetapi karena data tidak berdistribusi normal, maka untuk menguji perbedaan digunakan chi kuadrat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Edmodo adalah 86,33 dan standar deviasi (SD) sebesar 7,49 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 78,24 dan standar deviasi (SD) sebesar 6,57. Berdasarkan perhitungan chi kuadrat diperoleh x2 hitung 13 ,3 sedangkan x2 tabel pada taraf nyata a 0,05 adalah 5,991. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Edmodo berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simdig kelas X Kuliner SMK Negeri 9 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:50
Last Modified: 09 Mar 2020 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25776

Actions (login required)

View Item View Item