Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika SMA/MA Berbasis Inquiry Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Semester 1

Ramadhani, Dwi Athifah (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika SMA/MA Berbasis Inquiry Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Semester 1. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DWI_ATHIFAH_RAMADHANI_17175038_4800_2019.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih belum optimal. Salah satu penyebabnya yaitu kurang tersedianya bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik fisika yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif menemukan pengetahuan sendiri pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, Perlu dikembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik fisika yang dapat menumbuhkembangkan aktivitas peserta didik menemukan pengetahuan sendiri sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik fisika berbasis inquiry training untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar penilaian efektifitas. Teknik analisis data untuk analisis validitas menggunakan Aiken’s V, analisis praktikalitas menggunakan analisis deskriptif persentase. Analisis efektivitas untuk pengetahuan menggunakan analisis N-gain, sedangkan analisis untuk sikap dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil tahap analisis diperoleh informasi perlunya dilakukan pengembangan lembar kerja peserta didik fisika berbasis inquiry training untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hasil tahap perancangan diperoleh rancangan lembar kerja peserta didik fisika berbasis inquiry training. Hasil tahap pengembangan didapatkan produk yang telah dikembangkan berada pada kategori valid dari aspek komponen LKPD, aspek kemampuan berpikir kreatif dan komponen model inquiry training dengan rata-rata 0,92. Tahap uji praktikalitas yang telah dilakukan berada pada kategori sangat praktis yaitu 91,59% dari angket respon guru, dan 89,29% dari angket respon peserta didik. Hasil tahap implementasi LKPD fisika berbasis inquiry training memenuhi kriteria efektif yang ditandai dengan peningkatan kompetensi pengetahuan dengan gain score sebesar 0,66 yang dikategorikan sedang. Penilaian kompetensi sikap rata-rata ketercapaian 85,19%, dan penilaian kemampuan berpikir kreatif pada kategori sangat kreatif pada pertemuan ke tiga dengan rata-rata 81. Tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif untuk penyempurnaan setiap langkah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh LKPD fisika berbasis inquiry training untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:50
Last Modified: 09 Mar 2020 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25774

Actions (login required)

View Item View Item