Analisis Kualitas Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Aspek Guru dan Siswa Kelas X SMA Negeri Unggul Dharmasraya

Amri, Chairul (2019) Analisis Kualitas Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Aspek Guru dan Siswa Kelas X SMA Negeri Unggul Dharmasraya. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_CHAIRUL_AMRI_1104000_4858_2019.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa temuan tentang berbagai kendala dalam mewujudkan Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang standar proses pendidikan yang meliputi perencanaan, pelaksanan, dan penilaian pembelajaran. Sehingga berimplikasi kepada kualitas pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kendala dalam perencaan, pelaksanaan, dan penilaian pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah guru biologi kelas X, wakil kepala sekolah dan siswa kelas X MIPA SMA Negeri Unggul Dharmasraya. Teknik pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, studi dokumentasi, observasi, rekaman proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah adalah lembar wawancara dan lembar penilaian yang diadopsi dari Instrumen Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran PLPG Rayon 106 UNP, lembar observasi, lembar wawancara, handycam, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa angka-angka yang didapatkan dari lembar penilaian RPP dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik. Data yang diperoleh dari hasil observasi, studi dokumentasi, wawancara diolah dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis data tersebut sampai diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan perencanaan yang dibuat guru memperoleh nilai kurang. Pelaksanan pembelajaran yang dilaksnanakan memperoleh kriteria kurang, begitu juga penilaiaan yang dilakukan guru memperoleh kriteria kurang. Sedangkan guru memgalami permasalahan dalam hal pengetahuan pembuatan perencanaan yang sesuai kurikulum K13. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum sepenuhnya paham dalam menerapkan model pembelajaran yang dianjurkan dalam kurikulum K13. Dalam hal penilaian guru tidak melaksanakan penilaian sikap dan keterampilan karena instrumennya terlalu banyak dan guru tidak mengetahuinya. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peroses pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri Unggul Dharmasraya belum sesuai Permendiknas No.41 tahun 2007 tentang standar proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:33
Last Modified: 09 Mar 2020 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25772

Actions (login required)

View Item View Item