Efektivitas Relaksasi Otot Progresif untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa sebagai Satu Teknik dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Hidayat, Irsad (2019) Efektivitas Relaksasi Otot Progresif untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa sebagai Satu Teknik dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_IRSAD_HIDAYAT_14006062_2303_2019.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Semua orang pemah mengalami stres. Stres yang timbul karena tuntutan akademik dan terjadi di lingkungan pendidikan disebut stres akademik. Stres akademik dialami oleh setiap siswa. Tidak semua siswa mampu menanggulangi stres akademik. Oleh karena itu perlu ditawarkan solusi agar siswa mampu mereduksi stres akademiknya, sehingga bisa belajar lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas relaksasi otot progresif yang merupakan satu teknik dalam layanan BK untuk mereduksi stres akademik siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen (pre­ experiment researh), the one group pretest­posttest design. Data diperoleh dari 20 orang siswa kelas IX MTs Negeri 3 Padang yang mengalami stres pada tingkat sedang hingga tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji hipotesis dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan paired­ sample t test. Temuan penelitian ini yaitu: 1) tingkat stres akademik siswa sebelum diberikan relaksasi otot progresif adalah sedang dengan skor rata-rata 146,6 (66,6%), 2) tingkat stres akademik siswa setelah diberikan relaksasi otot progresif adalah sedang dengan skor rata-rata 117,6 (53,5%), 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest dengan tt(5%=2,093) < te(=7,61) > tt(l %=2,861). Dengan demikian, relaksasi otot progresif efektif untuk mereduksi stres akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:33
Last Modified: 09 Mar 2020 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25771

Actions (login required)

View Item View Item