Peran Organisasi Pokmaswas Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) dalam Pengelolaan Wilayah Pesisir Pantai (Studi di Ampiang Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan)

Saputri, Rani (2019) Peran Organisasi Pokmaswas Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) dalam Pengelolaan Wilayah Pesisir Pantai (Studi di Ampiang Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RANI_SAPUTRI_15052084_4990_2019.pdf

Download (791kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ikut sertanya masyarakat berpartisipasi dalam pengelolaan wilayah pesisir pantai di Ampiang Parak. Masyarakat yang aktif dalam pengelolaan wilayah pesisir pantai maka harus tergabung dalam organisasi yang disebut pokmaswas, sehingga terbentuklah organisasi pokmaswas laskar pemuda peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran organisasi Pokmaswas Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL), kendala­ kendala dalam pelaksanaan perannya, dan upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah dan organisasi Pokmaswas Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) untuk mengatasi kendala­kendala dalam pelaksanaan perannya mengelola wilayah pesisir pantai di Ampiang Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian sebanyak 1 orang dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, 1 orang dari Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, perwakilan dari Bupati Pesisir Selatan, wali kampung pasar ampiang parak, 2 orang dari kenagarian ampiang parak, 7 orang dari pokmaswas LPPL, dan 3 orang dari masyarakat. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran organisasi pokmaswas laskar pemuda peduli lingkungan sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat kendala yaitu kualitas sumber daya manusia masih rendah, bantuan yang diberikan oleh sumber dana masih minim, partisipasi masyarakat dalam kegiatan penyelamatan lingkungan pantai ampiang parak masih kurang, serta minimnya sarana dan prasarana pendukung yang tersedia untuk kegiatan pengelolaan pantai ampiang parak. Adapun upaya yang dilakukan pemerintah daerah dan organisasi pokmaswas Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) untuk mengatasi kendala dalam dalam pelaksanaan perannya mengelola wilayah pesisir pantai diantaranya adalah pelatihan dan sosialisasi, memberikan bantuan dana maupun sarana dan prasarana yang dibutuhkan anggota Pokmaswas LPPL, dan pembinaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:08
Last Modified: 09 Mar 2020 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25760

Actions (login required)

View Item View Item