Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik

Faizasari, Asmanelita (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ASMANELITA_FAIZASARI_17205052_6111_019.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran yang dipakai di sekolah dan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang ditemukan di lapangan belum optimal, hal ini terlihat dari pembelajaran yang terjadi disekolah, guru belum membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal penalaran matematis yang diberikan kepada peserta didik. Hal ini disebabkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan guru belum disesuaikan dengan kurikulum 2013, termasuk perangkat pembelajaran pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu investigasi awal (preliminary research), pengembangan atau pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan penilaian (assessment phase). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Rambatan. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan, dan bahasa. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, pengisian angket praktikalitas oleh peserta didik dan guru serta melakukan wawancara dengan peserta didik. Kefektifan dilihat dari hasil tes kemampuan penalaran peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran mengguna-kan model penemuan terbimbing yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Perangkat pembelajaran juga telah efektif dari segi aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik di kelas X yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:07
Last Modified: 09 Mar 2020 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25756

Actions (login required)

View Item View Item