Optimasi Kondisi Fermentasi Bakteri Endofit Andalas (Marus macraura Miq.) Isolat ATB A4.1 untuk Produksi Senyawa Antijamur.

Mahjani, Mahjani (2019) Optimasi Kondisi Fermentasi Bakteri Endofit Andalas (Marus macraura Miq.) Isolat ATB A4.1 untuk Produksi Senyawa Antijamur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MAHJANI_15032022_1558_2019.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Kasus resistensi jamur terhadap antijamur menjadi suatu masalah serius dalam dunia kesehatan. Dibutuhkan senyawa antijamur barn yang lebih efektif dalam mengobati penyakit infeksi. Isolat ATB A4.1 merupakan bakteri endofit dari tanaman Andalas (Marus macraura Miq.) yang diketahui mampu menghasilkan senyawa aktif antijamur. Senyawa antijamur diproduksi melalui proses fermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimasi kondisi fermentasi bakteri endofit Andalas isolat ATB A4.1 dalam menghasilkan senyawa antijamur. Kondisi fermentasi yang dioptimasi adalah j enis medium, konsentrasi starter dan waktu fermentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan dari bulan Desember 2018 - Maret 2019 di Laboratorium Penelitian Jurusan Biologi FMIP A Universitas Negeri Padang. Medium fermentasi yang digunakan adalah NB, MH, LB dan LB_ B dengan variasi konsentrasi starter 1 %, 2,5%, 5%, dan 7 ,5%. Optimasi waktu fermentasi dilakukan selama 120 jam. Uji aktivitas antijamur dilakukan dengan metode difusi kertas cakram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medium fermentasi yang optimum bakteri endofit Andalas isolat ATB A4.1 dalam menghasilkan senyawa antijamur adalah medium NB dengan konsentrasi starter 5%. Waktu optimum dalam menghasilkan senyawa antijamur adalah saat fermentasi jam ke-32. Kata kunci: bakteri endofit Andalas isolat ATB A4.1, optimasi, medium fermentasi, konsentrasi starter, waktu fermentasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Mar 2020 00:54
Last Modified: 09 Mar 2020 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25750

Actions (login required)

View Item View Item