Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Accelerated Learning Pada Materi Usaha, Pesawat Sederhana, Struktur dan Fungsi Tumbuhan Untuk Peserta Didik Sl\1P Kelas VIII

Yashinta, Mentari (2019) Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Accelerated Learning Pada Materi Usaha, Pesawat Sederhana, Struktur dan Fungsi Tumbuhan Untuk Peserta Didik Sl\1P Kelas VIII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MENTARI_YASHINTA_1201415_3485_2019.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penggunaan LKPD disekolah belum membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan LKPD belum memuat langkah-langkah kegiatan yang menuntun peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran .. Upaya untuk membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran adalah dengan mennggunakan LKPD berbasis Accelerated Learning. Peneltian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Accelerated Learning pada materi usaha, pesawat sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian mix-method yang merupakan gabungan dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini yang bertujuan untuk menentukan validitas lembar kerja peserta didik sesuai dengan langkah- langkah pembuatan lembar kerja perserta didik menurut Depdiknas (2008). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kevalidan LKPD yang telah dibuat secara sistematis dan tepat.Validasi dinilai oleh tiga dosen Fisika UNP, satu orang dosen IPA UNP dan satu guru IPA SMPN 12 Padang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validitas dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis validitas produk. Hasil penelitian adalah LKPD memenuhi kriteria sangat valid. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan dua hasil penelitian. Pertama, penelitian ini menghasilkan produk Lembar kerja peserta didik berbasis accelerated learning . Dan hasil penelitian kedua adalah hasil uji validitas yang dilakukan dua kali, dengan rata-rata nilai validitas pertama adalah 83 dengan kriteria sangat valid dan rata-rata nilai validitas kedua adalah 87 dengan kriteria sangat valid. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini Lembar kerja peserta didik berbasis accelerated learning sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada materi usaha dan pesawat sederhana serta struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Kata kunci : LKPD, Acceleraeted Learning, Validasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Mar 2020 00:54
Last Modified: 09 Mar 2020 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25749

Actions (login required)

View Item View Item