Pengaruh Strategi Active Learning tipe True or False terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis.

Naldi, Novri (2019) Pengaruh Strategi Active Learning tipe True or False terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NOVRI_NALDI_14031014_3294_2019.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar biologi peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemui saat berlangsungnya pembelajaran, diantaranya karena model atau strategi yang digunakan belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik menjadi cepat bosan dan sulit memahami materi pelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar biologi peserta didik adalah dengan menerapkan strategi Active Learning tipe True or False yang menuntut peserta didik untuk aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan strategi Active Learning tipe True or False terhadap kompetensi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis pada materi Animalia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan The Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan strategi Active Learning tipe True or False. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar, penilaian sikap dan keterampilan berupa lembar observasi. Data kompetensi pengetahuan dianalisis dengan menggunakan uji t, sedangkan data kompetensi sikap dan keterampilan dianalisis menggunakan uji U. Hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan thitung > ttabel (2,10 > 2,00). Hasil uji u kompetensi sikap diketahui nilai Zhitung> Ztabel (3,58 > 0,00), dan kompetensi keterampilan nilai Zhitung> Ztabel (2,05 > 0,04). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis kerja (H1) diterima dan hipotesis nol (Ho) di tolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi Active Learning tipe True or False berpengaruh positif secara signifikan terhadap kompetensi belajar peserta didik. Kata Kunci: Active Learning, True or False, Kompetensi Be/ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Mar 2020 00:54
Last Modified: 09 Mar 2020 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25748

Actions (login required)

View Item View Item