Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Semester 1 Terkait Komponen Contextual Teaching and Learning (CTL).

Annisa, Firda (2019) Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Semester 1 Terkait Komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FIRDA_ANNISA_15033108_3529_2019.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Sajian Buku Ajar Fiska SMA Kelas XII Semester 1 sudah mampu memfasilitasi keterlaksanan CTL. Hal ini berdasarkan kenyataan di lapangan menunjukkan masih banyak buku ajar yang tersebar dan belum sesuai dengan kriteria kurikulum 2013, akibatnya siswa sulit dalam memahami isi yang disajikan buku. Selama proses pembelajaran belum terlihat seluruh komponen pendekatan CTL pada sajian buku ajar yang digunakan oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh buku ajar fisika SMA kelas XII yang digunakan 17 sekolah di Sumatera Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Semester 1 terbanyak digunakan sekolah yang diterbitkan oleh empat penerbit yang berbeda. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen analisis sajian buku ajar dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Analisis yang dilakukan terhadap Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Semester 1 Terkait Contextual Teaching and Learning (CTL) pada empat Buku Ajar Fisika didapatkan hasil analisis bahwa buku yang memperoleh persentase dengan keterpenuhan indikator pada komponen CTL tertinggi yaitu buku SN-YW 90,68%. Sedangkan Buku Ajar Fisika yang mendapatkan persentase dengan keterpenuhan indikator pada komponen CTL terendah yaitu buku MF-TS 58,13%. KataKunci: Analisis Sajian, Buku Ajar Fisika, Pendekatan CTL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Mar 2020 01:24
Last Modified: 07 Mar 2020 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25742

Actions (login required)

View Item View Item