Penerapan Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Masyarakat Kota Padang Terhadap Penggunaan Jasa Ojek Online Tahun 2019.

Wulandari, Suci (2019) Penerapan Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Masyarakat Kota Padang Terhadap Penggunaan Jasa Ojek Online Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SUCI_WULANDARI_16037052_2865_2019.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Transportasi di Indonesia terns mengalami perkembangan. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya transportasi online. Salah satu jenis transportasi online yang banyak dijumpai adalah ojek online. Saat ini, beberapa merek ojek online seperti Go-Jek dan Grab telah mendominasi pasar transportasi dan sebagai penyedia layanan jasa, ojek online memiliki berbagai macam fasilitas yang ditawarkan sehingga menimbulkan masalah tersendiri bagi pengusaha ojek online. Pengusaha ojek online dituntut lebih profesional dan selektif dalam sistem kerjanya agar dapat menarik perhatian konsumen. Maka pengusaha ojek online perlu mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi preferensi konsumen dalam menggunakan jasa ojek online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai utilitas taraf tertinggi masing-masing atribut, mengetahui kombinasi taraf yang paling disukai dan kurang disukai oleh masyarakat, dan menentukan atribut apa yang paling penting bagi masyarakat dalam menggunakan j asa oj ek online. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Padang berusia 1 7 tahun sampai 54 tahun yang tidak gagap teknologi dan yang memesan langsung ojek online serta pemah menggunakan oj ek online minimal 2 kali dengan menggunakan voluntary sampling. Data penelitian tergolong data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan analisis konjoin. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai utilitas tertinggi untuk atribut harga adalah harga promo khusus sebesar 19,9375, cara pembayaran secara tunai sebesar 6,8125, pelayanan driver yang ramah sebesar 88,5625, dan driver menggunakan seragam sebesar 39,6875. Kombinasi yang paling disukai adalah harga promo khusus, tunai, ramah, dan driver menggunakan seragam. Sedangkan kombinasi yang paling kurang disukai adalah harga normal, non tunai, kurang ramah, dan driver tidak menggunakan seragam. Kemudian atribut yang paling penting bagi masyarakat adalah atribut pelayanan driver. Kata Kunci : Ojek Online, Preferensi, Analisis Konjoin

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Mar 2020 01:23
Last Modified: 07 Mar 2020 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25737

Actions (login required)

View Item View Item