Pelaksanaan Sistem Zonasi dan Respon Masyarakat dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2019/2020 di Kota Padang

Azhari, Ayu (2019) Pelaksanaan Sistem Zonasi dan Respon Masyarakat dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2019/2020 di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AYU_AZHARI_15052028_4977_2019.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya sistem zonasi untuk mengatasi ketimpangan kualitas pendidikan dan masyarakat kurang memahami pelaksanaan sistem zonasi di Kota Padang. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan sistem zonasi dan respon masyarakat dalam penerimaan peserta didik barn di Kota Padang dalam upaya pemerataan akses dan mutu pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan berfokus pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan irforman yang terdiri dari Kepala UPTD Dapodik, Kepala Sekolah, panitia pelaksana PPDB, orang tua, peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan studi dokumentasi. Jenis data dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan pendekatan model implementasi Edward III yang meliputi variabel komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian berdasarkan analisa teori Edward III, dari segi komunikasi belum berjalan dengan baik, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasinya sudah berjalan dengan baik. Selain itu hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan PPDB sistem zonasi telah berhasil dalam upaya pemerataan akses dan mutu pendidikan. Sebaran siswa dari sisi jarak sudah dekat dengan tempat tinggal siswa karena menggunakan zonasi sekolah SD asal dan dari sisi input mutu juga telah menyebar diberbagai sekolah sehingga tidak ada lagi dikotomi sekolah unggulan dan non-uggulan. Disisi lain, hasil penelitian terkait respon masyarakat dalam pelaksanaan PPDB sistem zonasi bahwa persepsi masyarakat terhadap sekolah unggulan masih ada dan masyarakat beranggapan bahwa pelaksanaan sistem zonasi ini justru mematikan prestasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Mar 2020 06:48
Last Modified: 06 Mar 2020 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25729

Actions (login required)

View Item View Item