Pengaruh Media Edugames Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Maternatis pada Pembelajaran Penyajian Data di Kelas IV SD.

Syarif, lndah Mai (2019) Pengaruh Media Edugames Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Maternatis pada Pembelajaran Penyajian Data di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_INDAH_MAI_SYARIF_15129013_4257_2019.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang menuntut guru menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Sebuah media yang bersifat aplikatif dan menyenangkan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Edugames berbasis Android terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Ekperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Plus Marhamah Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Puposive Sampling, sehingga terpilih kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen. Sebelum menentukan sampel, maka dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan berupa tes Essay. Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikasn 0,05 diperoleh thitung (2,63) dan ttabel (1,68195). Sehingga thitung > ttabel, dimana 2,63 > 1,68195. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Edugames berbasis Android terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada pembelajaran Penyajian Data di kelas IV SD Plus Marhamah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Mar 2020 06:47
Last Modified: 06 Mar 2020 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25728

Actions (login required)

View Item View Item