Efek LKS IPA Bermuatan Keterampilan Belajar 4C Terna Kesehatan Pemapasan dan Ekskresi Kita pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang.

Putri, Resmila Rahmadhani (2019) Efek LKS IPA Bermuatan Keterampilan Belajar 4C Terna Kesehatan Pemapasan dan Ekskresi Kita pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RESMILA_RAHMADHANI_PUTRI_15033045_2951_2019.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A_5_RESMILA_RAHMADHANI_PUTRI_15033045_2951_2019.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan solusi untuk menjawab tantangan abad ke-21. Pemerintah Indonesia berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menghadirkan keterampilan 4C di sekolah dan pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Kondisi nyata di lapangan menunjukkan bahwa keterpaduan antara materi pada proses pembelajaran IPA masih tergolong rendah dengan hasil nilai rata-rata 60,76. Selain itu, keterampilan yang digunakan masih sebatas keterampilan proses, dimana keterampilan tersebut belum memenuhi standar keterampilan hidup sesuai dengan tantangan abad ke-21. Hal ini terlihat dari masih rendahnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata hanya 40,91. Solusi dari masalah ini adalah menerapkan LKS IPA Terpadu bermuatan keterampilan 4C tema kesehatan pemapasan dan ekskresi kita dalam pembelajaran IPA Terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki efek LKS IPA bermuatan keterampilan 4C tema kesehatan pemapasan dan ekskresi kita pada hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekivalen dengan hanya postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Random Cluster. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi untuk aspek sikap, tes tertulis untuk aspek pengetahuan, dan lembar penilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji dua perbandingan rata-rata. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa yang menggunakan LKS IPA Terpadu dengan siswa yang tidak menggunakannya. Hal ini berarti, LKS IPA Terpadu memberikan efek yang signifikan pada hasil belajar yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, LKS IPA Terpadu bermuatan keterampilan belajar 4C dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Mar 2020 06:47
Last Modified: 06 Mar 2020 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25723

Actions (login required)

View Item View Item