Afrila, Lusi (2019) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kinect untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh bagi Anak Tunagrahita Ringan SLB N 1 Kubung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_2_LUSI_AFRILA_14003010_5365_2019.pdf Download (645kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu seorang anak tunagarhita ringan di SLB N 1 Kubung yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA mengenal anggota tubuh dengan menggunakan media konkrit. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis kinect dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Kubung. Penelitian ini menggunakan metode single subject research (SSR) dengan disain penelitian A-B-A. Subjek penelitiannya adalah seorang anak tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung melalui tes perbuatan dengan format pencatatan data. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data visual grafik. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi didapatkan bahwa kemampuan mengenal anggota tubuh anak tunagrahita ringan meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis kinect.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti, S.IP |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 06:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 09:08 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25722 |
Actions (login required)
View Item |