Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Peningkatan Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman.

Gusmiharti, Rina (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Peningkatan Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RINA_GUSMIHARTI_15031080_3109_2019.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 6 Pariaman sudah menerapkan Kurikulum 2013, namun berdasarkan hasil observasi penulis tampak bahwa pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 tidak berjalan seperti yang diharapkan. Permasalahan yang ditemukan adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dominan dengan metode ceramah sehingga membuat peserta didik jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran yang berdampak pada kompetensi belajar pada aspek pengetahuan dan aspek sikap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 85 orang peserta didik yang terdistribusi kedalam 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk aspek pengetahuan, lembar observasi untuk aspek sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji t diketahui bahwa pada aspek pengetahuan thitung>ttabel (2,56> 1,67) dan aspek sikap thitung>ttabel (5,48> 1,67). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 dengan taraf signfikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:31
Last Modified: 06 Mar 2020 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25717

Actions (login required)

View Item View Item