Hubungan Minat dan Kesulitan Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 11 Padang.

Sari, Ririn Indria (2019) Hubungan Minat dan Kesulitan Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIRIN_INDRIA_SARI_15031119_3430_2019.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran memiliki tolak ukur yang mengacu pada pencapaian yang dialami peserta didik yaitu hasil belajar yang mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari dalam diri (faktor internal) maupun dari luar diri (faktor eksternal) individu. Di antara faktor eksternal dan internal ini yang mempengaruhi hasil belajar adalah minat belajar dan kesulitan belajar. Hasil pengamatan pada hasil belajar peserta didik SMP Negeri 11 Padang dalam pelajaran IPA masih rendah. Rendahnya hasil belajar peserta didik menunjukkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kurang dan dapat diasumsikan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan kesulitan belajar terhadap hasil belajar kognitif IPA peserta didik kelas VIII SMPN 11 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2016/2017 dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Spearman-Rank untuk mengetahui hubungan antara variabelnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar dan kesulitan belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA adalah cukup baik. Berdasarkan hasil analisis korelasi terdapatnya hubungan yang yang tidak berarti dengan korelasi lemah antara minat dengan hasil belajar dengan sumbangan nilai 10,24%. Hubungan yang berarti antara kesulitan belajar dengan hasil belajar memiliki nilai korelasi sedang dengan sumbangan nilai sebesar 34,81% dan terdapat hubungan berarti antara minat belajar dan kesulitan belajar dengan hasil belajar peserta didik. Kriteria korelasi antara minat belajar dan kesulitan belajar dengan hasil belajar adalah kuat yaitu 0,66. Dengan sumbangan nilai sebesar 43,56%. Kata kunci: Minat belajar, kesulitan belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:31
Last Modified: 06 Mar 2020 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25716

Actions (login required)

View Item View Item