Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Pembangunan Demokrasi Desa (Studi di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal)

Natijah, Ummi (2019) Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Pembangunan Demokrasi Desa (Studi di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_UMMI_NATIJAH_15042021_5189_2019.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Badan Permusyawartan Desa (BPD) dalam pembangunan demokrasi di Desa Sirambas Kecamatan panyabungan Barnt Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini dilakukan karena BPD belum maksimal dalam menjalankan perannya dan kesadaran masyarakat akan pentingnya domokrasi masing kurang, kurangnnya keaktipan masyarakat dikarenakan sebagian besar masyarakat di Desa Sirambas belum ada yang tahu apa fungsi dan peran dari BPD. Alat analisis yang digunakan adalaah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan informan penelitian yaitu Ketua BPD, Wakil Ketua BPD, Sekretaris BPD, Anggota BPD, Kepala Desa, Sekretaris Desa, tokoh-tokoh masyarakat, serta masyarakat. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa pelaksanaan fungsinya sebagai membahas dan merancang peraturan desa, BPD di Desa Sirambas masih kurang baik. Ini terbukti bahwa BPD tidak menggunakan kantor yang sudah ada untuk membahas peraturan desa, tetapi BPD malah melakukan musyawarah tentang peraturan desa di tempat yang tidak semestinya. Penelitian ini diharapkan agar mampu menjadi bahan masukan dan acuan bagi peneliti dan BPD dapat lebih memahami perannya agar tercapinya suatu tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:31
Last Modified: 06 Mar 2020 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25713

Actions (login required)

View Item View Item