Pengaruh Penerapan Model Pembelaj aran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis PesertaDidik Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang.

Sri, Wahyuni (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelaj aran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis PesertaDidik Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SRI_WAHYUNI_15029122_3709_2019.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri18 Padang masih rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran belum optimal untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik selama diterapkannya model Think Talk Write. J enis penelitian adalah gabungan quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasinya seluruh peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII4 terpilih sebagai kelas eksperimen, kelas VIII6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis, tes kemampuan komunikasi matematis. Pembuktian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada setiap indikator. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-Value =0,001, kerena P-Value < 0,05 maka tolak H0. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 18 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:31
Last Modified: 25 Oct 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25711

Actions (login required)

View Item View Item