Efektifitas Peran Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Padang (FPRB) dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana di Kota Padang

Sativanisin, Qoriza (2019) Efektifitas Peran Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Padang (FPRB) dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_QORIZA_SATIVANISIN_1504214_5897_2019.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena Kota Padang merupakan Kota yang memiliki ancaman potensi bencana yang cukup tinggi. Oleh sebab itu perlu perhatian pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam pengurangan risiko bencana di Kota Padang. Salah satunya adalah FPRB Kota Padang. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya FPRB Kota padang masih memiliki berbagai kendala. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas FPRB Kota Padang dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana di Kota Padang dan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki FPRB Kota Padang dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana di kota Padang sehingga dapat dicarikan solusi dari kendala yang dihadapi dalam permaslahan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di FPRB Kota Padang, BPBD Kota Padang. Informan penelitian ini ditentukan dengan cara menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dipakai didalam artikel ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan ddengan cara wawancara, obsservasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan menggunakan tringulasi sumber. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya efektifitas peran Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Padang (FPRB) dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana di Kota Padang belum efektif. Hal ini dapat dilihat dari kelemahan dan ancaman dari FPRB Kota Padang yaitu kurangnya ketersediaan anggaran yang dimiliki oleh FPRB Kota Padang, ancamannya yaitu sulitnya menemukan anggota yang benar-benar peduli dengan bencana dan apabila kelemahan-kelamahan didalam FPRB Kota Padang tidak di manage dengan baik maka akan menimbulkan dampak yang buruk bagi FPRB Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:31
Last Modified: 06 Mar 2020 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25704

Actions (login required)

View Item View Item