Efektivitas Penggunaan LKPD Konsep Mol Berbasis lnkuiri Terstruktur dengan Penekanan pada Tiga Level Representasi terhadap Basil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA.Pembangunan Laboratorium UNP.

Prastika, Yuri (2019) Efektivitas Penggunaan LKPD Konsep Mol Berbasis lnkuiri Terstruktur dengan Penekanan pada Tiga Level Representasi terhadap Basil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA.Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YURI_PRASTIKA_15035132_2828_2019.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari ilmu kimia, konsep mol adalah materi yang sangat penting karena mempelajari jumlah partikel (atom, molekul, dan ion). Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran ini adalah inkuiri terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas LKPD konsep mol berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada tiga level representasi terhadap hasil belajar peserta didik X MIA di SMA Pembanguan Laborotrium UNP. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 dan MIA 2. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa 20 pertanyaan objektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perbedaan rata-rata antara nilai awal dan tes akhir dari kelas eksperimen (57.2) dan kelas kontrol (50.57). Berdasarkan analisis data, bahwa sampel terdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t, diperoleh nilai t 2 t l-u yaitu 3,186> 1,684 kemudian ditolak Ho. Artinya, hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol secara signifikan. Hal ini juga didukung oleh nilai n-gain kelas eksperimen 0,745 dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis data menunjukkan lembar kerja peserta didik tingkat berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada tiga level representasi terbukti efektif terhadap hasil belajar dengan kategori tinggi. Keyword: efektivitas, LKPD, konsep mo!, inkuiri terstruktur, tiga level representasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:36
Last Modified: 05 Mar 2020 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25702

Actions (login required)

View Item View Item