Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Sekolah Dasar

Syafriafdi, Non (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NON SYAFRIAFDI_1104284_6132_2019.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan pada beberapa Sekolah Dasar di Kabupaten Indragiri Hilir melalui wawancara dan observasi ditemukan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang digunakan oleh Guru belum memfasilitasi siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa kelas 5 materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), menggunakan desain pengembangan Plomp (2010) yang memiliki tiga tahap atau fase, yaitu: (1) Penelitian pendahuluan (preliminary research). (2) Prototype (prototyping), yakni (a) mendesain, (b) evaluasi formatif dan (c) revisi prototype. (3) Penilaian (assessment). Tahap penilaian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika dalam pembelajaran. Setelah dilakukan revisi berdasarkan uji coba lapangan (field test) pada satu kelas yaitu uji praktikalitas dan uji efektivitas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efektivitas perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid diketahui dari penilaian para validator dari segi organisasi, format, materi, dan bahasa bahwa perangkat pembelajaran berupa buku siswa dan guru layak digunakan. Perangkat pembelajaran dihasilkan memenuhi kriteria praktis yakni mudah digunakan, mudah dipahami dan sangat membantu proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena dapat meningkatkan motivasi belajar berupa rasa senang, percaya diri dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:36
Last Modified: 05 Mar 2020 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item