Efektivitas Penggunaan Permainan Ular Tangga Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Kimia Rumah Tangga Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 34 Padang.

Febriani, Yona (2019) Efektivitas Penggunaan Permainan Ular Tangga Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Kimia Rumah Tangga Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YONA_FEBRIANI_1205716_3391_2019.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya media permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran pada materi kimia rumah tangga yang belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan media permainan ular tangga kimia pada materi kimia rumah tangga terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 34 Padang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VIII5 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda yang telah di uji cobakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 88,66 dan 71,86 serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dengan nilai thitung(4,760) > ttabeJ(l,67). Peningkatan pemahaman yang lebih baik terjadi di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0, 78 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga kimia efektif terhadap hasil belajar dengan kategori tinggi. Keywords: Efektivitas, media permainan ular tangga kimia,, kimia rumah tangga, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:16
Last Modified: 05 Mar 2020 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25686

Actions (login required)

View Item View Item