Efektivitas Rujukan Online dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kesehatan

Putri, Fiqih Zetrita (2019) Efektivitas Rujukan Online dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kesehatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FIQIH_ZETRITA_PUTRI_15042010_5921_2019.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapatnya beberapa kendala baik dari BPJS Kesehatan, FKTP, FKRTL, serta keluhan peserta dalam menjalankan system rujukan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas rujukan online dalam program jaminan kesehatan nasional dalam program jaminan kesehatan nasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kesehatan di kota solok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kota Solok yaitu pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Keshatan Kota Solok, Puskesmas Kota Solok, dan Rumah Sakit Kota Solok. Informan penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling dan sampling insidental. Sehingga yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah : Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Solok, Staf P Care Kesehatan Puskesmas Tanah Garam, Staf P Care Kesehatan Puskesmas Tanjung Paku, Staf P Care Kesehatan Pusksmas Nan Balimo dan Pra Penyelihan Puskesmas KTK, Kepala Instalasi RSUD Muhammat Natsir Kota Solok, dan peserta Rujukan Online sebanyak 5 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi Dokumentasi dengan uju keabsahan data trianggulasi sumber. Sedangkan teknik keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas rujukan online dalam program jaminan kesehatan nasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kesehatan di kota solok belum efektif dikarenakan masih terdapat kendala dan juga keluhan dari peserta. Dilihat dari indikator efektivitas program yaitu : Tepat Sasaran,dan Tercapainya Tujuan sudah berjalan secara efektif, namun pada indikator Pemahaman Program, Tepat Waktu dan Perubahan Nyata belum berjalan secara maksimal karena ada beberapa kendala dan juga keluhan yang masih dirasakan oleh pihak BPJS, FKTP,FKRTL, maupun peserta rujukan online seperti jaringan yang bermasalah, merujuk pesertatidak sesuai dengan kebutuhan medis dan peserta yang mengeluh tentang pemilihan tempat rujukan serta pelayanan rumah sakit yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:14
Last Modified: 05 Mar 2020 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25683

Actions (login required)

View Item View Item