Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Maternatis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang.

Yanti, Dian Novitri (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Maternatis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DIAN_NOVITRI_YANTI_15029092_3610_2019.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun, kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih terpusat kepada guru serta aktivitas belajar peserta didik belum nampak. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe Think Pair Square. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana aktivitas belajar peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatiftipe Think Pair Square. J enis penelitian ini adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang tahun pelajaran 2018/2019. Dimana kelas VIII.2 terpilih sebagai kelas eksperimen, kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi aktivitas belajar. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh P-value = 0,002 kurang dari a = 0,05 karena P-value < a maka Ho ditolak, artinya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Serta dari analisis data aktivitas belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square cenderung meningkat pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Mar 2020 01:13
Last Modified: 05 Mar 2020 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25674

Actions (login required)

View Item View Item