Pengembangan Modul Pembelajaran Boga Dasar Guna Meningkatkan Kemampuan Aplikatif Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Rahmawati, Munah (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Boga Dasar Guna Meningkatkan Kemampuan Aplikatif Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MUNAH_RAHMAWATI_17138027_4869_2019.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah hasil belajar Boga Dasar yang masih belum memuaskan, terbatasnya sarana untuk belajar mandiri pada mata pelajaran Boga Dasar, terbatasnya waktu dalam kegiatan pembelajaran, proses pembelajaran pada pelajaran Boga Dasar belum berpusat pada siswa. Selanjutnya buku pegangan guru yang belum mengarahkan pada pengembangan kemampuan mengaplikasikan dan belum mengacu pada kurikulum revisi 2013. Siswa kurang aktif dan kurang aplikatif dalam poses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul pembelajaran Boga Dasar dan mengukur validitas, praktikalitas, dan efektivitas modul pembelajaran Boga Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan Plomp, melalui tahap analisis pendahuluan, tahap perancangan dan tahap penilaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Tata Boga di SMKN 3 Kota Solok. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen yang sudah di uji validitas, instrumen praktikalitas, instrumen efektivitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas menggunakan analisis uji t. Temuan penelitian menunjukkan bahwa uji validitas modul pembelajaran Boga Dasar oleh validator dinilai “Valid”. Uji praktikalitas modul pembelajaran diperoleh dari respon guru dan respon siswa Program Studi Kuliner, berada dalam kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas modul pembelajaran diperoleh dari nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa setelah mengunakan modul pembelajaran berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya modul pembelajaran Boga Dasar yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan aplikatif siswa SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:49
Last Modified: 04 Mar 2020 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25658

Actions (login required)

View Item View Item