Tradisi Malakok dan lmplikasinya terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Tambun ljuak Kecamatan Payakumbuh Kabupaten 50 Kota

Atikah, Zahratul (2019) Tradisi Malakok dan lmplikasinya terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Tambun ljuak Kecamatan Payakumbuh Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ZAHRATUL_ATIKAH_1302154_5145_2019.pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Tambun Ijuak yang merupakan salah satu daerah yang beda di Kecamatan Payakumbuh kama banyak para pendatang atau kaum yanang akan malakok baik itu secara perorangan ataupun kelompok melaksanakan tradisi malakok di Tambun ljuak. Tradisi malakok ini dilaksanakan oleh masyarakat pendatang di Tambun Ijuak yang mana pelaksanaanya diatur berdasarakan peraturan adat. Tetapi dari banyaknya pendatang di Tambun Ijuak, masih ada masyarakat yang belum melaksanakan tradisi Malakok ini. Walaupun pelaksanaannya tergolong mahal tetapi tradisi ini banyak mendatangkan keuntungan dalam kehidupan bermasyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif ,fokus penelitina adalah bagaiamana prosedur tradisi nalakok di Tambun Ijuak. Lokasi penelitian adalah di Tamabun Ijuak Kecamatan Payakumbuh. Sumber data adalah Wali Nagari,Ketua Kerapatan Adat Nagari, Ketua Badan Musyawarah, Bundo Kanduang, Niniak Mamak, masyarakat lokal dan masyarakat yang melaksanakan malakok. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah wawancara,observasi langsung dan studi documenter. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu berupa pedoman wawancara,buku catatan dan foto untuk hasil kegiatan pelaksanaan malakok. Untuk keabsahan digunakan teknik ketekunan pengamatan, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Pra prosedur malakok menjelaskan bahwa adanya beberapa prosedur yang hams dilaksanakan oleh kaum pendatang sebelum melaksanakan prosedur malakok.2) prosedur tradisi malakok yaitu adanya syarat yg harus dipenuhi diantaranya -carano diisi siriah langkok ,beberapa bisa diuangkan ataupun emas,persembahan kerbau atau kambing yang sudah layak dikorbankan untuk upacara pemberian suku,setelah itu adanya syarat lain yang harus dilaksanakan seperti pihak-pihak yang menerima malakok tersebut persetujuan dari wali nagari setempat,adanya kaum penerima dan kaum pendatang dan panghulu disetiap suku dan setelah melaksanakan prosedur malakok dapat melaksanakan penandatananan berkas dan serah terima kepada masyarakat dan keluarga yang di lakokakn. 3) implikasi terhadap masyarakat lokal tambun ijuak yaitu 1.adanya struktur sosial yang barn didalam kehidupan sosial masyarakat.2.bertambahnya jumlah penduduk. 3. Terjalinnya komunikasi dan ikatan silaturrahmi yang barn.Sedangkan implikasi malakok terhadap masyarakat pendatang di Tambun Ijuak yaitu 1.masyarakat pendatang lebih bisa berinteraksi dengan baik dengan masyarakat lokal.2.masyarakat pendatang dapat membangun relasi yang baik dengan masyarakat lokal baik itu dalam bidang pekerjaan dan hal penting lainnya.3. adanya sikap integritas yang baik antara masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:15
Last Modified: 04 Mar 2020 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25648

Actions (login required)

View Item View Item