Hubungan Bermain Game yang Mengandung Unsur Kekerasan dengan Perilaku Agresif Siswa

Gusti, Winda Aprilia (2019) Hubungan Bermain Game yang Mengandung Unsur Kekerasan dengan Perilaku Agresif Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_WINDA_APRILIA_GUSTI_15006028_4655_2019.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Remaja adalah individu yang sedang berkembang dan mencari jati diri. Dalam masa mencari jati diri, remaja akan menemukan berbagai permasalahan, yang mana dapat menyelesaikan permasalahannya sendiri dan tidak jarang pula ia tidak dapat mengatasi permasalahannya sendiri sehingga terbebani dan menghambat tugas-tugas perkembangan dirinya. Salah satu perubahan yang berkaitan dengan kejiwaan pada remaja adalah mudah bereaksi bahkan agresif terhadap gangguan atau rangsangan yang luar yang mempengaruhinya, sehingga mudah terjadi perkelahian. Suka mencari perhatian dan bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Perilaku agresif merupakan salah satu bentuk perilaku yang tujuannya untuk menyakiti orang lain secara sengaja. Salah satu faktor yang menyebabkan remaja berperilaku agresif adalah kekerasan yang ada pada media seperti bermain game yang mengandung unsur kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan bermain game yang mengandung unsur kekerasan dengan perilaku agresif siswa di SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Penelitian mt merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi 249 siswa dansampel sebanyak 152 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bermain game yang mengandung unsur kekerasan dan angket perilaku agresif siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ( 1) siswa bermain game yang mengandung unsur kekerasan di SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang berada pada kategori cukup tinggi, (2) perilaku agresif siswa berada pada kategori sangat tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara bermain game yang mengandung unsure kekerasan dengan perilaku agresif siswa di SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK/ Konselor sekolah untuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, yaitu layanan informasi dan layanan konseling individual agar dapat membantu siswa yang berperilaku agrsif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:14
Last Modified: 04 Mar 2020 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25640

Actions (login required)

View Item View Item