Hubungan Interaksi Sosial Siswa dalam Keluarga dengan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah

Putri, Tiya (2019) Hubungan Interaksi Sosial Siswa dalam Keluarga dengan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_TIYA_PUTRI_14006111_4843_2019.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan tempat awal anak berkembang dan belajar bersosialisasi dengan baik. Pada kenyataannya di SMA Negeri 7 Padang masih banyak ditemukan siswa yang interaksi dalam keluarganya masih belum sesuai sehingga mengalami hambatan pada saat melakukan penyesuaian diri, masih banyak siswa yang merasa kurang dihargai dalam keluarga, masih banyak siswa yang tidak diikutsertakan dalam pengambilan keputusan dalam keluarga,dan masih banyaksiswa yang kurang diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan interaksi sosial siswa dalam keluarga dengan penyesuaian diri siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 330 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sehingga didapat sampel sebanyak 192 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan berskala Likert. Data dianalisis dengan rumus Persentase dan teknik Pearson product moment correlation. Hasil penelitian mendeskripsikan: ( 1) interaksi sosial siswa dalam keluarga berada pada kategori baik, (2) penyesuaian diri siswa berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial siswa dalam keluarga dengan penyesuaian diri siswa dengan taraf signifikansi 0,034. Besarnya korelasi 0, 153 artinya jika interaksi sosial siswa dalam keluarga baik, maka penyesuaian diri siswa juga cenderung tinggi. Sebaliknya, jika interaksi sosial siswa dalam keluarga tidak baik maka penyesuaian diri siswa cenderung rendah. Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat memberikan layanan bimbingan kelompok serta konseling kelompok agar interaksi sosial siswa dalam keluarga dan penyesuaian diri siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:14
Last Modified: 04 Mar 2020 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25637

Actions (login required)

View Item View Item