Karakteristik Morfologi Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) dan Daun Mahoni (Swietenia macrophylla K.) padaLingkungan yang Berbeda di kota Padang.

Repita, Ratih (2019) Karakteristik Morfologi Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) dan Daun Mahoni (Swietenia macrophylla K.) padaLingkungan yang Berbeda di kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RATIH_REPITA_15032083_3286_2019.pdf.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Ketapang adalah salah satu jenis tanaman yang banyak di tanam di kota Padang. Terpapamya suatu tanaman pada bahan pencemar yang berasal dari kendaraan bermotor tentunya akan mempengaruhi daun tanaman tersebut, karena daun adalah organ yang paling sensitif terhadap perubahan lingkungan. Oleh karena itu telah dilakukan penelitian tentang karakteristik morfologi daun ketapang dan daun mahoni pada lingkungan yang berbeda di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2019. Sampel berasal dari lokasi Jalan Prof. Dr. Hamka, Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Raya Indarung kota Padang, dan hutan Universitas Andalas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengamatan karakter morfologi meliputi panjang daun, lebar daun, panjang tangkai daun, jumlah tulang cabang. Sampel diamati di Laboratorium Biologi FMIPA UNP. Data dianalisis dengan uji t pada taraf signifikan 5%. Karakter morfologi daun ketapang di lokasi hutan Universitas Andalas dan Jalan Prof. Dr. Hamka memperlihatkan perbedaan yang nyata pada panjang, lebar daun, dan jumlah tulang cabang daun, tetapi tidak memperlihatkan perbedaan pada panjang tangkai daun. Pada daun mahoni memperlihatkan perbedaan yang nyata pada panjang daun, dan jumlah tulang cabang daun, tetapi tidak memperlihatkan perbedaan pada lebar daun, dan panjang tangkai daun. Pada lokasi hutan Universitas Andalas dan Jalan Khatib Sulaiman memperlihatkan perbedaan yang nyata pada lebar daun, jumlah tulang cabang, tetapi tidak memperlihatkan perbedaan pada panjang daun, dan panjang tangkai daun. Pada daun mahoni memperlihatkan perbedaan yang nyata pada panjang daun, dan jumlah tulang cabang daun, tetapi memperlihatkan perbedaan pada lebar daun, dan panjang tangkai daun. Pada lokasi hutan Universitas Andalas dan Jalan Raya Indarung kota Padang memperlihatkan perbedaan yang nyata pada panjang daun, lebar daun, dan jumlah tulang cabang daun, tetapi tidak memperlihatkan perbedaan pada panjang tangkai daun. Pada daun mahoni memperlihatkan perbedaan yang nyata pada panjang daun, lebar daun, dan jumlah tulang cabang daun, tetapi tidak memperlihatkan perbedaan pada panjang tangkai daun. Kata kunci: Morfologi, Ketapang, Mahoni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:14
Last Modified: 04 Mar 2020 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25635

Actions (login required)

View Item View Item