Modifikasi Instrumen Hexagonal Drill Test untuk Kelincahan (Studi Uji Validitas dan Reliabilitas pada Atlet SSB Pratama Family Kota Sungai Penuh)

Zefiter, Iil (2019) Modifikasi Instrumen Hexagonal Drill Test untuk Kelincahan (Studi Uji Validitas dan Reliabilitas pada Atlet SSB Pratama Family Kota Sungai Penuh). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_IIL_ZEFITER_14087193_216_2019.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah instrumen tes kelincahan Hexagonal Drill Test yang dirasa kurang tepat apabila digunakan untuk mengukur tingkat kelincahan seseorang. Dalam pelaksanaanya instrumen ini lebih menekankan pada daya ledak bukan pada unsur kelincahan. Penelitian ini tujuanya adalah untuk menghasilkan instrumen baru yang cocok untuk digunakan dalam mengukur tingkat kelincahan yang dimiliki oleh seseorang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain SSB Pratama Family Kota Sungai Penuh yang berjumlah sebanyak 85 orang pemain. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan hanya mengambil pemain U-17 dan U-20 SSB Pratama Family yang berjumlah 50 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kelincahan Hexagonal Drill Test yang telah dimodifikasi dan T-test sebagai instrumen pembanding. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan: (1) Instrumen tes kelincahan Hexagonal Drill Test yang telah dimodifikasi memiliki memiliki tingkat validitas “Baik” dengan nilai rhitung 0,722. (2) Instrumen tes kelincahan Hexagonal Drill Test yang telah dimodifikasi memiliki memiliki tingkat reliabilitas “Lemah Sampai Cukup” dengan nilai r11 0,758.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Mar 2020 01:51
Last Modified: 04 Mar 2020 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25619

Actions (login required)

View Item View Item