Pengaruh Kadar Hemoglobin, Status Gizi, dan Kebugaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes)

Cahyadi, Agung (2019) Pengaruh Kadar Hemoglobin, Status Gizi, dan Kebugaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_AGUNG_CAHYADI_17199062_4864_2019.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Masalah pada siswa SMAN 2 Kota Padang bahwa hasil belajar Penjasorkes yang dimiliki masih rendah. Hasil belajar Penjasorkes siswa SMAN 2 Kota Padang dipengaruhi oleh kadar hemoglobin, status gizi, dan kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel kadar hemoglobin, status gizi, dan kebugaran jasmani terhadap hasil belajar Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan Path Analysis. Populasi adalah seluruh siswa putra SMAN 2 Kota Padang pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 308 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportional Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel 100 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan alat tes Hb meter untuk kadar hemoglobin, timbangan badan dan meteran untuk status gizi dan tes kebugaran jasmani untuk kebugaran jasmani dan hasil ujian semester 1 untuk hasil belajar Penjasorkes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kadar hemoglobin berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar Penjasorkes sebesar 5.34%. (2) Status Gizi berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar Penjasorkes sebesar 7.24%. (3) Kebugaran jasmani berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar Penjasorkes sebesar 13.40%. (4) Kadar hemoglobin dan kebugaran jasmani berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar Penjasorkes sebesar 12.9%. (5) Status gizi dan kebugaran jasmani berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar Penjasorkes sebesar 11.6 %. (6) status gizi dan kadar hemoglobin berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar Penjasorkes sebesar 3.8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Mar 2020 01:50
Last Modified: 04 Mar 2020 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25615

Actions (login required)

View Item View Item