Efektivitas Membatik Dengan Cetakan Penggaris Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Padang

Mawasti, Titi Dwi (2019) Efektivitas Membatik Dengan Cetakan Penggaris Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_TITI_DWI_MAWASTI_15022110_2244_2019.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat seberapa besar efektivitas membatik dengan cetakan penggaris terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Padang. Penelitian berawal pada kenyataan anak belum optimal mengkoordinasikan jari-jemari dengan mata dalam aktivitas seperti meniru garis, menggunting dan menempel. Anak masih kaku dalam menggerakkan tangan nya ketika membuat garis miring, lengkung, lingkaran, menggunting dan menempel. Dalam pengembangan motorik halus dapat melakukan aktivitas membatik dengan cetakan penggaris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasy eksperimetal. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Darul Falah Padang, dan Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan cluster sampling, yaitu kelas B2 dan B4 kedua masing-masingnya berjumlah 10 anak. Berdasarkan analisis data rata-rata basil tes kelompok eksperimen adalah 83 dan kelas kontrol dengan rata 74,5. Dapat disimpulkan bahwa membatik dengan cetakan penggaris efektif mengembangkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:42
Last Modified: 03 Mar 2020 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25610

Actions (login required)

View Item View Item