Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kotak Mahar Pemikahan Melalui Metode Latihan Untuk Anak Tunagrahitaringan. Classroom Action Research Di SLBN 2 Pariaman)

Andriani, Mike (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kotak Mahar Pemikahan Melalui Metode Latihan Untuk Anak Tunagrahitaringan. Classroom Action Research Di SLBN 2 Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_MIKE_ANDRIANI_15003164_5625_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada bulan April 2019 saat penulis melakukan PLK di SLBN 2 Pariaman, penelitian ini membahas tentang meningkatkan keterampilan vokasional membuat kotak mahar pernikahan untuk anak tunagrahita ringan. Metode yang digunakan yaitu metode latihan. Yang mana kelebihan dari metode latihan ini yaitu diajarkan secara berstruktur dan bertahap kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelasyang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat kali pertemuan yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refreksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses meningkatkan keterampilan vokasional membuat kotak mahar pemikahan untuk anak tunagrahita ringan. Pada siklus I ini memperoleh hasil peningkatakan dimana pada kemapuan awal siswa memperoleh nilai 24,3%, sampai dengan pertemuan keempat yaitu 58,5%. Selanjutnya pada siklus II memperoleh hasil terakhir siswa yaitu 87,7%. Hasil keterampilan vokasional membuat kotak mahar pemikahan dapat meningkat menggunakan metode latihan. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional menggunakan metode latihan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:42
Last Modified: 03 Mar 2020 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25608

Actions (login required)

View Item View Item