Analisis Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Atlet Bolavoli Putra Klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB) Rao Selatan Kabupaten Pasaman

Haq, Abdil (2019) Analisis Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Atlet Bolavoli Putra Klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB) Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ABDIL_HAQ_1206813_186_2019.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya tingkat kemampuan Teknik Dasar Atlet Bolavoli Putra Klub IPTB Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan teknik dasar atlet Bolavoli putra klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB) Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, yaitu khusus atlet putra yang berjumlah 14 orang. Penelitian tergolong jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, bertujuan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Bolavoli Klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB). Pengambilan data dilakukan dengan cara mengukur masing-masing kemampuan teknik. Kemampuan Service dengan Serving Test, kemampuan Passing Bawah dengan Passing Test, kemampuan Passing Atas dengan Set-Up Test, dan kemampuan Smash dengan tes Smash dari Nur-hasan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di dapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Tingkat kemampuan Service yang dimiliki pemain klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB) Rao Selatan Kabupaten Pasaman dengan frekuensi 43% tergolong kategori kurang, (2) Tingkat kemampuan Passing bawah yang dimiliki pemain klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB) Rao Selatan Kabupaten Pasaman dengan frekuensi 35% tergolong kategori cukup, (3) Tingkat kemampuan Passing atas yang dimiliki pemain klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB) Rao Selatan Kabupaten Pasaman dengan frekuensi 50% berkategori baik. (4) Tingkat kemampuan Smash yang dimiliki pemain klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB) Rao Selatan Kabupaten Pasaman dengan Frekuensi 43% tergolong kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa atlet klub Ikatan Pemuda Tanjung Betung (IPTB) Rao Selatan Kabupaten Pasaman belum memiliki tingkat kemampuan teknik dasar yang baik. Oleh sebab itu perlu ditingkatkan dengan menyusun program latihan dengan terencana dan sistematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:44
Last Modified: 03 Mar 2020 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25600

Actions (login required)

View Item View Item