Studi tentang Pemeliharaan Kesehatan Pribadi Siswa Sekolah Dasar Negeri 015 Keramat Jaya Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir

Sufriyanto, Yani (2019) Studi tentang Pemeliharaan Kesehatan Pribadi Siswa Sekolah Dasar Negeri 015 Keramat Jaya Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YANI_SUFRIYANTO_17086516_306_2019.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah berawal dari dugaan peneliti yaitu rendahnya derajat kesehatan pribadi siswa SDN 015 Keramat Jaya Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir, karena masih banyak anak yang kurang memelihara kesehatan mulut, gigi dan kesehatan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, melihat dan mengetahui pemeliharaan tentang kesehatan pribadi siswa di SDN 015 Keramat Jaya Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir, yang ditinjau dari kebersihan mulut, gigi dan kulit. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 015 Keramat Jaya Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 161 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling, dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63 orang. Instrumen penelitian ini yang digunakan berupa angket yang disusun dalam skala likert dengan kategori selalu, sering, kadang-kadang, jarang dan tidak pernah. Data dianalisis menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1. Tingkat capaian kesehatan pribadi dari indikator kesehatan mulut dan gigi sebesar 62, 13% berada pada kategori Baik 2. Tingkat capaian kesehatan pribadi dari indikator kesehatan kulit sebesar 62, 10% berada pada kategori Baik. Tingkat capaian kesehatan pribadi tanpa membedakan indikator berada pada kategori Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:44
Last Modified: 03 Mar 2020 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25599

Actions (login required)

View Item View Item